Cerita Masa Kecilku

Semasa kecil aku tinggal di komplek IKPN, bagi yang tidak tahu, komplekku itu berada di antara Bintaro dan Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Sebaik yang aku ingat, aku menghabiskan masa-masa kecilku di sana hingga TK nol kecil. Banyak sekali kenangan yang selalu teringat hingga sekarang, dan aku ingin berbagi beberapa yang tak terlupakan:

Kucing
Saat bermain di pekarangan TK, aku melihat sepasang kucing sedang bertengkar. Tak tega melihat mereka saling menyakiti, aku lerai mereka dengan menimpuk kerikil sambil jongkok ke arah mereka. Ampuh. Mereka lari ke berlainan arah. Tak lama mereka kembali lagi ke tempat tadi aku menimpuknya, bertatapan tak lama seolah membicarakan sesuatu strategi dengan wajah licik mereka. Dan tak lama, mereka tiba-tiba lari ke arahku yang masih jongkok. Begitu saja menerjangku dan mencakar wajah serta tanganku. Semenjak itu, aku malas setiap kali melihat kucing kampung.

Ayunan
Hanya ada dua ayunan di TK-ku. Sederhana, rantai dan dudukan kayu. Tapi tak pernah sepi. Kami semua seolah berebut ingin berayun di sana. Saat itu, tiba-tiba aku penasaran sekali dengan ayunan itu. Aku percaya bahwa aku bisa berayun kencang hingga berputar tiga ratus enam puluh derajat, dan aku mencobanya. Janjian dengan dua temanku yang nantinya akan mendorongku sekuat mungkin hingga berayun tinggi. Dorongan pertama, aku sangat bersemangat. Sorongan kedua aku semakin tinggi berayun. Dorongan ketiga, aku berteriak kegirangan. Dan dorongan selanjutnya menbuatku terbang. Terlepas dari dudukan ayunan dan tanganku tak menggenggam lagi rantai pegangan, aku berkenalan dengan tanah dan lebam saat itu juga.

Preman
Saat itu, aku pulang sendirian dari TK-ku. Tak begitu jauh memang, hanya sekitar lima ratus meter jaraknya. Di tengah jalan aku bertemu dengan sekumpulan remaja yang entah kenapa hari itu terlihat berbinar-binar melihat ke arah sepatu dan tasku. Tak lama mereka menghampiriku, “copot tas sama sepatunya, adek gue lagi pengen tas sama sepatu baru!”. Tiba-tiba saja aku menjawab, “Kalo aku copot sepatu, nanti di tengah jalan takut nginjek paku. Kalo aku copot tas, buku-buku sama bekal gimana bawanya? Nanti deh, aku pulang dulu naro tas sama ganti sendal. Nanti aku ke sini lagi”. Polos memang, tapi ampuh membuat dia percaya dan menyuruhku pulang. Sampai di rumah, aku tak mau jadi anak yang tidak menepati janji, aku segera berganti sendal dan keluar lagi membawa sepatu dan tasku ke remaja tadi. Tentunya tidak sendiri, aku bersama Pak RT, Eyang, Om dan beberapa teman kakakku.

Renang
Siapa pun yang pernah mendengar komplek IKPN pasti di kepalanya melintas pikiran ‘Banjir’. Memang komplekku itu langganan banjir, hampir setiap musim hujan selalu kedatangan tamu ‘genangan’ air. Mau bagaimana lagi? IKPN letaknya sangat rendah dan bisa dibilang dikelilingi oleh sungai Pesangrahan (kalau tidak salah itu memang namanya). Sehari sebelum banjir, selalu ada pengumuman “Kita dapat kiriman dari Bogor, mungkin nanti malam atau besok. Warga harap bersiap-siap”. Dan semua warga bergotong royong mengamankan barang-barang ke tempat yang lebih tinggi, ada yang mengungsi, ada juga yang bertahan tinggal di lantai dua rumahnya, termasuk aku dan keluargaku. Entah kenapa, banjir sudah sangat bersahabat dengan kami semua. “Aku mau main ke rumah Manda ya, Momm”. Aku naiki perahu karet kecilku, biasanya ditemani oleh teman kakakku yang bosan berdiam di atas rumahnya. Tugasku hanya duduk diam di dalam perahu karet sedangkan teman kakakku berenang sambil mendorong perahu karetku. “Kak, aku ikut dorong dong…” Perahu karetku kini tanpa penumpang, sedangkan kami berdua siap-siap diomeli saat pulang.

Posted with WordPress for BlackBerry.

One thought on “Cerita Masa Kecilku

  1. Manisssss, kamu pintar mengabadikan ingatan yang seharusnya berjaring laba-laba. Sini aku acak-acak jalur otak kecilmu, biar normal aja, gausah kayak gini. You, un-normal thing. Prove it! #pengenbgtsokinggrisakunya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s